Wednesday 25 May 2011

Si MAS

"Lari!...." teriak salah satu anak stm itu.
Spontan, anak stm yang lagi ngegerombol itu pada buyar, ngabur kemana-mana, ada yang ketimur, barat, utara, selatan ada juga yang langsung nyamber angkot yang lagi lewat.      
Teriakan itu ngebuyarin lamunan si Mas yang lagi asik duduk diwarung depan gang sekolahnya, waktu itu ia lagi nunggu angkot mau pulang. 

Si Mas bingung, ada apa sih? Tanyanya dihati ( iya, ada apa sih?), gak tau dia masih bingung meratiin anak anak yang lagi pada sibuk 'ntu.

Tiba-tiba si Mas denger suara bak! Bik! Buk! diseberang jalan (suara apan tuh?..), gak tau, si Mas belum tau. Dia lari kesana, kepingin tau ada apa... O.. itu rupanya, ujarnya dalam hati (apaan?...), anak stm itu lagi pada berantem. Si Mas jadi bengong, dia jatuhin es mambonya (eh, jatuh. Bukan dijatuhin...), iya jatuh, esnya sampe jatuh gak sengaja (diambil lagi, gak?...), gak. Dia langsung ngabur. Anak anak stm lain yang ngeliat langsung ngejar, si Mas terus ngabur.

(eh Mas. Es lo belum dibayar...), walah iya, gue lupa, kata si Mas. Dia langsung balik lagi, nyariin duit dikantongnya, terus dia bayar. "Mbak, ini duitnya, kembalinya ambil aja, ya!" Ujarnya. Kembalinya? si Mbaknya geleng kepala. (emang berapa duit sih, duitnya si Mas?...), itulah! Makanya si Mbak geleng kepala, orang si Mas ngasih seratus perak, boro-boro ada kembalinya, duitnya aja recehan, gocapan dua lagi. (dasar lo Mas).

(kemana si Mas?...), dia balik kesekolah. (cari bantuan?...), bukan. (Laporan?...), juga bukan. (Trus ngapain?...). Dia separuh iseng dan cari perlindungan, karena kalo dia balik kesekolah, anak-anak itu pasti gak berani ngejar.

Begitu sampai dia langsung masuk ketoko buku milik koperasi sekolahnya, langsung duduk, gak peduli itu bangku tempat duduk siapa, pokonya kosong. Dia gak tau kalo di DPR orang pada berebut bangku. 
"Mas, kenapa?! Ada apa?" Tanya ibu guru yang baru datang. 
"Anu, Bu. Itu, Anu Ibu..." Ealah si Mas malah ngelantur dan terbata bata gitu jawabnya. Bikin guru lain jadi ketawa. "Anak-anak pada berantem, didepan" sambungnya.
"Berantem?" ibu guru gak percaya.
"Iya, Bu. Mereka tawuran" jelas si Mas.
"Kamu gak ikutan?" tanya bu guru. Si Mas jadi bengong.

Nah lho, kenapa begitu? (kenapa, Mas?...), apa gak salah denger, masa gue disuruh ikutan ribut. (iya, Mas, koq gitu sih?...) ah mungkin bukan begitu maksud ibu guru, tepisnya.
"Maksud Ibu?" si Mas penasaran.
"Maksud Ibu, kamu gak ikut-ikutan kan?" jelas bu guru.

Nafasnya si Mas udah mulai tenang, rupanya anak-anak stm sberang itu pada gak berani ngejar, padahal kalo dikejar, si Mas gak tau mo lari kemana lagi. Ah, lega. Katanya di hati. Dia ngeluarin nafasnya kuat-kuat. (Ups! Bau Mas...) he..he sory, sory.

Mata si Mas jelalatan (gila! Songong banget, itukan Ibu gurunya...), ye... bukan begitu maksudnya. Si Mas jelalatan liatin anak smea yang kelasnya gantian sama si Mas, yang baru balik dari kantin. Gile! Kata si Mas (siapa Mas?...), itu cewek. Jam belajar begini dia masih sempetnya jalan-jalan, jajan lagi.
                                                                   ***    


Masih pagi, si Mas udah sampai disekolah, gak langsung kekelas tapi dia langsung kekantin untuk ngisi perutnya. Gak lama kemudian dua teman dekatnya  pun datang, yang lain pun satu persatu berdatangan. Si Mas sibuk mondar mandir ngambil makanan.

"Banci? Siapa yang bilang? Kapan? Dimana?" tanyanya.
"O, jadi gara-gara gue lari waktu tawuran kemarin teus gue dibilang banci. Nanti kalo lo ketemu sama mereka, bilangin jangan suka ngurusin orang lain, urus aja dirinya sendiri" sambung si Mas. Dua temannya itu cuma bisa manggut. 

Tet!...... Suara bell listrik itu menukik ketelinga. Gak peduli sama guru yang masih dikelas, para pelajar itu langsung ngabur keluar kelas. Gurunya cuma bisa geleng kepala. (Kenapa? Pegel?...), heran. Sekarang waktunya istirahat. (eh, Mas. Kapan belajarnya? Tadi baru sampai kekantin, sekarang masa mo kekantin lagi...), bodo ah, belajarnya ntar aja di rumah. Istirahat itu dia dan dua temannya ngumpul sama temen-temennya yang suka tawuran, kepingin tau siapa sebenarnya yang bilang dia banci.

"Heh, Mas. Nih rokok" 
"Oh, thanks. Gue kan gak merokok"
"Gak merokok? Jangan jadi temen gue deh, pergi sana"
"O, Begitu. Jadi yang gak merokok bukan temen lo. Lo pada tau gak? Temen gue banyak, bukan cuma lo. Gak berteman sama lo juga gue gak rugi!" tegas si Mas. Dia jadi emosi mendengar ucapan temannya yang gak enak itu, mungkin karena dia dibilang banci. Si Mas biasanya gak begitu, sabar.
"Eh Mas, lo cari gara-gara ,ya!" anak itu sewot juga denger ucapan si Mas. Dia bangkit mau menyerang si Mas tapi temannya yang lain melerainya karena bell sudah memanggil lagi untuk masuk kelas.
                                                                 ***                                                                         


Siang itu si Mas dan dua temannya pulang agak telat karena ada pekerjaan yang harus diselesaikan dibengkel pakteknya. Mereka nunggu angkot dimuka gang yang siang itu sepi. Mereka asik bercanda sampai akhirnya mendengar suara hiruk pikuk dan bak! Bik! Buk! lagi. Si Mas buru-buru mencari asal suara itu dan mau melihat apa yang sedang terjadi. 

Bah! Bangsat! Dia melihat temannya yang suka tawuran itu sedang dikeroyok anak-anak stm seberang. Mereka lebih dari enam orang (tujuh?...) mungkin. (delapan?...)barangkali. (Sembilan?...), ah bodo, hitung aja sendiri. 

"Lo tunggu disini, gue mo bantuin dia!" ujar si Mas pada kedua temannya yang jadi bengong. Kemarin aja dia kabur, kok sekarang malah bantuin, pikirnya. Tadinya si Mas mo biarin tapi kasihan juga temannya.

Si Mas langsung menyeruak, masuk dikerumunan anak-anak yang mengeroyok temannya itu. Entah apa yang dilakukannya yang terdengar hanya... (bak bik buk...) ya begitu. Satu persatu pengeroyok temannya itu terpental dan terjerembab dipinggir aspal, gak berkutik cuma menggeliat kesakitan.

"Lo gak apa-apa?" tanya si Mas ( udah tau dikeroyok malah ditanya gak apa-apa, gimana si Mas...) pada temannya yang ternyata kemarin nantangin dia cuma gara-gara rokok.
"Baok, tolongin Baok disana" unjuknya.
"Baok" gumam si Mas. Baok temannya yang kemarin melerainya hampir berkelahi.

"Hei! Bangsat! Kalo lo pada mo jadi jagoan ayo lawan gue" tantang si Mas, marah. Anak-anak itu malah pada nyengir (kuda kali....), ninggalin Baok yang hampir pingsan dikeroyok. Mereka kepung si Mas.
"Eh, lo udah bosan Hidup ya!" getak satu dari mereka. Dia langsung nyamperin si Mas dengan pukulannya, tapi si Mas tenang aja.

Wush! Dia beberapa kali memukul si Mas tapi gak ada yang kena, karena si Mas terus ngeles. Penasaran gak kena-kena akhirnya dia coba menendang, tapi si Mas malah menangkap kakinya dan menjatuhkannya. Dugh!.. Brugk!...Nyungsep. Belum kapok juga, dia bangun lagi, nyabut pisau dari pinggangnya (koq bisa?..). Maksudnya yang diselipkan dipinggang, bukan nancap dipinggang. (O....)

Syut!... Dia bermaksud menusuk si Mas tapi...Tuk!.... (lo koq begitu suaranya?...), ya, tenyata si Mas kebal. Piasau itu gak mempan dibadan si Mas. Dia jadi bengong, temen-temennya ikut melongo. Sementara si Mas mesem mesem.
"Kenapa? Gak mempan ya?" ejek si Mas.
"Lain kali jangan bawa pisau dapur, dirumah gue pisau begitu buat ngiris bawang tau"
Bukannya kapok, mereka malah ngeroyok si Mas, membuatnya hilang kesabaran sampai-sampai mengeluarkan jurus yang selama ini disimpan, membuat pegeroyoknya pada mental terjerembab tak berkutik.

                                                                ***

"Ok, lo ga apa-apa?' (nanya lagi....)
"Terimakasih, lo udah tolongin gue" jawab Baok.
"Ya, sudahlah. Sesama teman memang harus saling membantu."
Kedua temannya langsung nyamperin. Beberapa guru yang diberitahu pun datang dan keheranan melihat apa ang terjadi, terlebih lagi setelah tau si Mas yang melakukan. Selama ini semua hanya tahu kalau si Mas itu pendiam dan santai.

"Eh, Mas. Lo belajar dimana sih?' tanya temannya
"Belajar apaan? Itu semua warisan Nenek moyang yang harusnya kita lestarikan" katanya. Sambil membawa Baok diatas tandu, menyebrangi jalan. 
"Hai..." tiba-tiba ada cewek menyapanya.
"Oh, hai juga..." si Mas membalas sapaan itu dengan melambaikan tangannya yang tentu saja melepaskan tangannya dari tandu yang dipegangnya. Spontan... Brughk!... Baok gelinding, tumpah dari tandunya yang miring, jatuh ketanah.

Semua jadi ketawa. Kalo aja Baok bisa bangun mungkin si Mas udah di tonjok...Bugk aja.
(Nah sekarang tau kan? Orang yang sok jago, belum tentu jago tapi kalau ayam jago, udah pasti jago, he..he...)
                                                                  selesai